Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan di Desa Maguan

Foto Bersama Usai Program kerja Ngaji Yuk! di TPQ Darut Taqwa (Sumber foto : Kelompok 20 PKM FH UB)

Pada Sabtu, 29 Juni 2024, Kelompok 20 PKM FH UB memulai program kerja Ngaji Yuk! yang mana kegiatan ini selanjutnya dilakukan setiap hari secara rutin di sore hari. Program kerja Ngaji Yuk! Ini bertempat di TPQ Darut Taqwa, yang berlokasi di Dusun Maguan, Desa Maguan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Program kerja ini dilaksanakan dengan melakukan kegiatan mengajar anak-anak di TPQ dengan metode Ummi. Pembelajaran di TPQ Darut Taqwa juga dilakukan dengan edukatif yang dikemas secara menyenangkan dan menarik. Kegiatan ini telah dilakukan secara rutin setiap hari kecuali pada hari jumat, yang merupakan hari libur mengaji anak-anak TPQ Darut Taqwa. Terdapat sekitar lima puluh anak-anak yang belajar di TPQ Darut Taqwa yang mana rentan usia anak-anak tersebut berada di tiga sampai dua belas tahun. Dalam setiap harinya, empat orang dari anggota kelompok 20 PKM FH UB membantu mengajar di TPQ yang dimulai pada pukul 15.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Sebelum mengajar, anak-anak di TPQ melaksanakan shalat ashar berjamaah yang diimami oleh salah satu anggota kelompok 20 PKM FH UB. Anak-anak yang belajar di TPQ memiliki tingkatan jilid yang berbeda. Mayoritas masih berada pada jilid satu sampai jilid dua. Selain itu, beberapa diantaranya sudah bisa membaca Al-Qur’an.  Adapun rangkaian acara di TPQ dimulai dengan shalat ashar berjamaah, kemudian berdoa sebelum mengaji, dilanjutkan dengan mengaji sesuai dengan tingkatan jilid, setelah selesai barulah berdoa bersama setelah mengaji.

Kemudian pada Rabu, 3 Juli 2024 dan Kamis, 4 Juli 2024, Kelompok 20 PKM FH UB melaksanakan program kerja Lomba 1 Muharram dengan Tema “Build Character With Religion: Celebrating Islamic New Year 1 Muharram 1446 H”. Program kerja Lomba 1 Muharram merupakan kegiatan yang diadakan dalam rangka merayakan Tahun Baru Hijriyah 1446 yang diselenggarakan selama dua hari. Cabang lomba yang telah diadakan adalah lomba adzan yang diselenggarakan pada Hari Rabu dan lomba kaligrafi yang diselenggarakan pada Hari Kamis. Pada Hari Kamis juga dilaksanakan closing ceremony dan pemberian hadiah kepada masing-masing juara tiap cabang lomba. Lomba dilaksanakan di TPQ Darut Taqwa yang berlokasi di Dusun Maguan, Desa Maguan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang pukul 15.30 WIB hingga 17.00 WIB. 

Peserta lomba ini merupakan murid dari TPQ Darut Taqwa. Lomba adzan diikuti oleh tujuh anak, sedangkan lomba kaligrafi diikuti oleh tujuh belas anak. Masing-masing cabang lomba terdapat tiga pemenang. Pada cabang lomba adzan, Ardha mendapat juara pertama, diikuti oleh Habibi sebagai peraih juara kedua, dan terakhir Irfan sebagai peraih juara ketiga. Adapun peraih juara pertama pada cabang lomba kaligrafi adalah Talea, diikuti oleh Aulia sebagai juara kedua, dan terakhir ada Alfath sebagai peraih juara ketiga. Adapun yang menjadi juri pada tiap cabang perlombaan tersebut dari anggota PKM Kelompok 20. Juri pada cabang lomba adzan adalah Rafky Ihsan, Kemal Nugraha, dan Andi Gaizka. Sedangkan juri pada cabang lomba kaligrafi adalah Alif Farel, Najwa Alifia, dan Amira Wahyudi.

Selain dengan sasaran anak-anak di TPQ, Kelompok 20 PKM FH UB juga memberikan edukasi terhadap anak-anak Sekolah Dasar. Pada Selasa, 16 Juli 2024, dan Rabu, 17 Juli 2024, Kelompok 20 PKM FH UB Telah dilaksanakan program kerja Generasi Cemerlang yang dilaksanakan di SDN 1 Maguan. Program kerja ini merupakan program mengajar di sekolah dengan metode interaktif dan menggunakan video kreatif. Materi disampaikan langsung oleh anggota PKM Kelompok 20, pada hari pertama terdiri dari tiga pemateri dan hari kedua terdiri dari empat pemateri yang setiap harinya merupakan pemateri yang berbeda. Generasi Cemerlang telah diikuti oleh seluruh siswa-siswi SDN 1 Maguan mulai dari kelas satu hingga kelas enam. Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga 10.30 WIB. Total seluruh peserta berkisar antara seratus hingga seratus dua puluh siswa. 

Topik yang dibawakan pada hari pertama dan hari kedua berbeda. Pada hari pertama membawa topik mengenai Bullying dengan tema “Stop Bullying! Mari Kita Menjaga dan Sayangi Sesama”. Tujuan mengangkat tema ini dikarenakan terdapat urgensi tingginya tingkat bullying di kalangan anak-anak. Kemudian di hari kedua membawa topik mengenai “Pengenalan Hukum Dasar Secara Asyik dan Interaktif” yang berisi materi mengenai pengenalan hukum, hak-hak di sekolah dan di rumah, profesi hukum, serta kewajiban sebagai anak dirumah dan sebagai murid di sekolah. Selain pemaparan materi, kegiatan ini juga terdapat sesi tanya jawab dan sesi games. Pada setiap sesi siswa-siswi SDN 1 Maguan selalu aktif, baik bertanya ataupun ikut berpartisipasi dalam games.




Next Post Previous Post
Jasa Cetak Buku