Solusi Ampuh Meningkatkan Semangat Pendidikan: Investasi Growth Mindset untuk Meningkatkan Motivasi Belajar


Dokumentasi Pribadi, 2024

Tim PKM PM IPB berhasil meningkatkan pencapaian pendidikan anak-anak jalanan di Rusun Sentra Mulya Jaya Jakarta dengan menerapkan konsep Growth Mindset. Untuk menggalakkan semangat belajar anak-anak jalanan di Rusun Sentra Mulya Jaya Jakarta, sebuah tim dari IPB University melaksanakan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM). Di bawah arahan Nava Olivia Rahmah, tim ini, yang terdiri dari Maulana Luthfi Galib, Muhammad Amrul Haq Maulana, Abimanyu Pratama, dan Syaraviena Putri Prasetya, menyelenggarakan pendidikan dengan pendekatan inovatif.

Metode Learning Cycle 5E, yang menggabungkan pembelajaran berbasis game, diciptakan oleh tim The Street Journey. Program ini terdiri dari lima program dan terdiri dari dua belas sesi. Mereka memulai dengan "Perjalanan Pikiran dan Pemikiran", di mana anak-anak menonton film bermotivasi dan bermain kartu flash untuk mendorong mereka untuk berpikir positif. Hasilnya, keyakinan akan cita-cita di masa depan meningkat drastis dari 8,3 persen menjadi 82,7 persen. Program berlanjut dengan "Journey of Adventure", yang mengajarkan ide-ide baru melalui media escape room, dan diikuti dengan "Journey of Discovery", yang menggunakan permainan ular tangga besar untuk meningkatkan keinginan untuk belajar.

Perjalanan ini mencapai puncaknya dengan "Perjalanan Impian", di mana anak-anak diminta untuk menceritakan impian mereka melalui lukisan dan cerita. Perjalanan ini ditutup dengan "Perjalanan Penghargaan", di mana setiap anak memiliki kesempatan untuk menunjukkan bakat mereka kepada orang lain, termasuk orang tua mereka. Tim memberikan sertifikat, medali, dan hadiah kepada anak-anak setelah kegiatan ini.

Dokumentasi Pribadi, 2024

Program ini menyebabkan lingkungan yang mendukung meningkat dari 17,5% menjadi 92,7%, dan kepercayaan diri anak-anak meningkat signifikan dari 21,6% menjadi 96,8%. Selain itu, 16 dari 25 siswa meningkatkan nilai rapor mereka di sekolah, dan 9 siswa lainnya sekarang lebih tertarik untuk pergi ke sekolah. Program ini tidak hanya dihargai oleh mitra dan orang tua di Rusun Sentra Mulya Jaya, tetapi juga memberikan harapan untuk program seperti ini dilanjutkan untuk membantu lebih banyak anak memiliki masa depan yang cerah.

Penulis: Abimanyu Pratama

Instansi: IPB University

Next Post Previous Post
Jasa Cetak Buku